07/28/16

Pasca Lebaran, tren karyawan mengundurkan diri tinggi


Kecenderungan karyawan mengajukan untuk pindah kantor cukup tinggi pasca Lebaran. Biasanya para karyawan menunggu pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) sebelum memutuskan pengunduran diri.

"Tak jarang keputusan karyawan untuk pindah kerja diakibatkan ketidakpuasan dalam bekerja yang disebabkan berbagai macam faktor seperti remunerasi, hubungan dengan rekan kerja maupun atasan hingga beban kerja yang terlalu tinggi," ungkap Raetedy Refanatha, General Manager Commercial Qerja.com, dalam siaran pers, kemarin.

Terkait itu, platform online komunitas berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji tersebut telah merilis lima perusahaan yang memiliki tingkat kepuasaan karyawan tertinggi di Indonesia. Selama 2 tahun beroperasi, Qerja telah mendapatkan ratusan ribu review gaji dan perusahaan dari para karyawan.

"Terdapat lima faktor yang digunakan untuk menghitung tingkat kepuasan karyawan ini antara lain kompensasi benefit, kesempatan karir, work life balance, nilai dan budaya serta manajemen Perusahaan," kata Raetedy.

Penilaian mengikutsertakan lebih dari 1.500 perusahaan di 5 industri favorit di Indonesia. Yaitu, teknologi informasi dan telekomunikasi; tambang, minyak dan gas bumi; produki sehari-hari (Fast Moving Consumer Goods); jasa keuangan; dan asuransi.

Veronika Linardi, Chief Executive Officer Qerja.com, berharap studi tersebut bisa menjadi referensi perusahaan lain dalam mambangun kultur positif di lingkungan kerja.

"Dan bagi para pencari kerja yang ingin bekerja dalam suasana kantor kondusif dan mendukung produktivitas mereka."

Adapun lima perusahaan yang dinilai memiliki tingkat kepuasaan karyawan tertinggi adalah: Chevron (migas), Unilever (consumer goods), Prudential (Asuransi). Kemudian, BCA (perbankan), dan Telkomsel (telekomunikasi).

Sumber Merdeka.com


Advertisements